Senin, 06 Januari 2014

Review Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (TPHP) UGM

           Happy New Year for you all. Semoga di tahun ini semakin baik lagi dan resolusi-resolusi baru serta resolusi di tahun yang lalu yang belum tercapai bisa tercapai. Sekarang aku akan membahas review tentang jurusan TPHP yang bisa dijadikan referensi bagi adik-adik yang duduk di kelas 12.
            Sebelumnya, apa itu TPHP? Apakah Tukang Pemberi  Harapan Palsu? atau Tidak Pasti, Hubungan Putus ? mungkin saja Tipe Pria Harapan Perempuan? atau Tipe Perempuan Harapan Pria? Atau …. ahhh, yang bener adalah Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, jurusan ini merupakan salah satu jenis jurusan teknologi pangan. Beberapa universitas memiliki jurusan ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda namun satu arti, ada yang teknologi pangan (aja), ada yang teknik pangan dan ada Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian yang  hanya dipunyai oleh UGM. Panjangnya kepanjangan dari TPHP ini sendirilah yang menjadikannya sedikit berbeda dengan jurusan teknologi pangan di universitas lain, karena di sini tidak hanya membahas pangan dan cara pengolahan pangan. Adanya embel-embel HP (Hasil Pertanian) dilakukan karena jurusan TPHP tidak hanya membahas masalah pangan saja namun pengolahan non-pangan juga seperti karet dan tembakau. Untuk lebih jelas baca secara keseluruhan ya ^.^

            Jadi pengenalan dulu nih tentang teknologi pangan secara umum. Teknologi pangan adalah disiplin ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen) serta pengolahannya dengan menggunakan teknologi terkini guna memperoleh nilai tambah produk pangan itu sendiri dan memperpanjang lifeage produk tersebut. Teknologi pangan merupakan salah satu jurusan yang sangat menarik dan menyenangkan. Dari namanya saja seharusnya kita sudah bisa membayangkan apa dan bagaimana di dalamnya. Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu seperti apa jurusan ini. Kemungkinan hal ini dikarenakan tidak semua universitas yang memiliki jurusan teknologi pangan ini. Yang memiliki jurusan ini hanya UGM,IPB,UB,UNPAD,USU,UNSRI dan beberapa univ lainnya. Dan tahun 2013 lalu, UNDIP gak mau kalah dengan universitas-universitas besar tersebut. Ia membuka jurusan teknologi pangan dengan angkatan pertama di tahun 2013.

            Latar belakang  mengapa saya memilih jurusan teknologi pangan ini adalah karena saya melihat jurusan ini memiliki prospek yang luas ke depannya. Hal ini didukung dengan pernyataan dosen-dosen TPHP yang mengatakan kalau lulusan TPHP jarang yang menganggur, karena selain bisa bekerja di tempat orang, TPHP juga dilatih untuk membuka usaha dan pabrik sendiri. Salah satu pabrik makanan yang produknya sudah dikenal masyarakat luas apalagi anak-anak didirikan oleh alumnus TPHP UGM. Pabrik tersebut sudah bertaraf nasional dengan produknya seperti biscuit G**w*e, mie instan X, mie G*me** , T*r*, dll. Tidak hanya beliau, banyak kakak-kakak alumni yang didatangkan untuk semakin menyemangati maba dalam menjajaki dunia TPHP. Temu alumni tersebut dilakukan saat acara temu alumni sewaktu PPSMB (ospek/pengenalan kampus). TPHP UGM sendiri berakreditas A. Ada beberapa alasan lain dari saya dan teman-teman mengapa  memilih TPHP yang dirangkum sebagai berikut :

1)  Suka dunia bisnis/ekonomi, pengen jadi pengusaha tapi sewaktu SMA berasal dari jurusan IPA sehingga takut/malas mengulang pelajaran yang beda jurusan (kalau memilih jurusan ekonomi/jurusan IPS  lainnya).

2)   Pengen jurusan yang sesuai dengan jurusan IPA di SMA.

3)   Indonesia kaya akan hasil pertanian, sayang banget kalau gak diolah.

4)   Suka biologi MIPA , tapi gak mau belajar yang mentok/murni di Biologi .

5)  Pengen jurusan yang prosepeknya luas (bisa apa aja) dan dibutuhkan selama manusia memerlukan nya (kalau masalah makanan/pangan diperlukan selama apa ya , hmm… )?

6)   Pengen jurusan yang gak cuma jadi pekerja , tapi bisa buka usaha sendiri.

7) pengen jurusan yang bisa dipakai dari daerah kota banget sampai yang pedalamanbanget.

8)    Pengen jurusan yang menyenangkan dan dekat dengan dunia keseharian. , dll

            Nah, itu beberapa alasan mengapa pengen masuk TPHP. Kedelapan keinginan di atas terjawab semua di jurusan TPHP. Jadi, kalau kamu punya kriteria pacar *eh, kriteria jurusan seperti yang di atas, maka gak salah deh kalau kamu memilih TPHP. Kamu bisa baca sampai habis curhatan ini *eh salah lagi, maksudnya tulisan ini. Oh ya, untuk ke bawahnya aku lebih menceritakan tentang teknologi pangan di UGM (TPHP) dan kalau ada singkatan PHP artinya Pangan dan Hasil Pertanian ya, bukaannn……., ya sudahlah, semoga bisa jadi gambaran buat adik-adik sekalian.

Q       :  “Kak , masih gak percaya di TPHP bisa dapet 8 kelebihan. Masa bisa ngalahin iklan Bank X yang bisa beri 5 kelebihan.”

A         :  “*Jleb* Oke dek, simak ya cerita kakak selanjutnya di bawah ini”

            Oke mari kita lanjutkan kembali.

            Beberapa hari setelah masuk kuliah di TPHP, anak-anak (TPHP) pada mulai ada gambaran mau kerja di perusahaan apa, atau mau bikin usaha apa. Ada yang pengen punya toko bakery sendiri, ada yang pengen buat pabrik susu, pabrik cokelat, atau pun kerja di PT X . *Semoga impian kita dikabulkan*

            Kuliah di TPHP itu menyenangkan karena kita diperkenalkan dengan keseharian kita yaitu makanan dan diajarkan bagaimana  cara untuk mengolahnya, mengemasnya, dan mendistribusikannya. Nah, disiplin ilmu yang paling banyak digunakan di sini 90% kimia dan biologi karena untuk menghasilkan produk pangan berkualitas membutuhkan bahan biologis dan kimiawi. *Jleb*”Gak suka hapal-hapalan kak  !” – Sip, sama, aku juga ga suka hapal-hapalan kok, Biologi itu bagiku menyeramkan, angel bana :D Tapi, di sini itu kita punya teman dan kakak kelas yang baik banget yang bisa dijadikan tempat bertanya, tempat curhat juga bisa kok. Dan aku yakin kalian bisa mengikutinya kalau diawali dengan tekad. Enjoy and love it , you can get it ! :) Selain itu, mata kuliah fisika dan matematika masih tetap dibutuhkan karena bagian tertentu masih relevan dengan jurusan ini. Apalagi matematika, dibutuhkan banget, karena nanti kalau kita mau buka usaha kita harus memikirkan untung-rugi, peluang, statistic penjualan, dan lainnya. Terus kalau yang suka masak-masak, suka jual-menjual (berwirausaha) , yang suka bereksperimen membuat produk pangan baru , ini tempat mu !


Q         :  “Apa saja yang dipelajari di TPHP?”

            Jadi, untuk semester 1 dan semester 2 masih paketan dari universitas. Semester 1 mata kuliahnya masih yang dasar dan  mirip dengan materi sewaktu SMA hanya saja lebih mendalam, yaitu :

-          Kimia Dasar Organik                         -        Kimia Dasar Anorganik

-          Biologi Sel                                        -       Sifat Fisik PHP

-          Matematika Dasar                             -       Fisika Dasar

-          Pengantar Teknologi Pertanian          -       Pendidikan Kewarganegaraan

-          Bahasa Inggris

Di semester selanjutnya akan mendalami yang lebih luas lagi. Karena saya masih angkatan baru, jadi matakuliah di semester selanjutnya aku tulis satu (digabung) berdasarkan buku panduan akademik , yaitu :



    Mata Kuliah Wajib


Matematika Terapan * Statistik * Mikrobiologi Umum* Mikrobiologi PHP * Kimia Pangan * Kimia Fisika * Satuan Operasi I-III(Satop) * Ilmu Gizi * Uji Sensoris *Ekonomi Teknik * Dasar Ekonomi dan Management * Perancangan Pabrik I-II * Analisis PHP *Alat dan Mesin Pengolahan * Toksikologi dan Keamanan Pangan * Pengendalian Mutu * Metodologi Penelitian dan Perancangan Percobaan * Kerja Praktek * Teknologi Pengemasan * Evaluasi Gizi dan Sensoris Pangan * Rekayasa Proses PHP * Lingkungan dan Pengolahan Limbah, * KKN dan beberapa lagi.


Nah, itu lah mata kuliah wajib di semester selanjutnya. Ada Ekonomi dan Dasar Management untuk membantu di bidang management dan pemasaran, ada Teknologi Pengemasan dan Keamanan Pangan , ini berguna untuk kita dapat mengemas (packaging) produk yang bermutu dan aman dikonsumsi. Terus belajar uji sensori, ilmu gizi dan analisis pangan. Kita juga belajar perancangan pabrik dan pengolahan limbah. Nah, yang ini berguna banget kalau kita berencana pengen mendirikan sebuah pabrik. Meskipun perancangan pabriknya masih sederhana tapi bagus guna bekal ilmu, dan pengolahan limbah penting sekali mengingat pabrik harus tetap menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang limbah berbahaya ke alam , ada baiknya diolah dahulu untuk menghasilkan limbah ramah lingkungan atau bahkan menghasilkan produk olahan limbah seperti biogas, bio massa. Dan, katanya nih yang paling sulit adalah mata kuliah Satuan Operasi (Satop) . Aku sih belum tahu-menahu satop itu apa, tapi kata kakak-kakak tingkat itu sulit banget, liat aja ada Satop I sampai Satop III + praktikumnya. Terus Kerja praktek dilakukan sekitar pada tahun ketiga (semester 5) , Jatek itu seperti magang di pabrik/perusahaan makanan. Dan KKN di semester terakhir , dilakukan pengabdian masyarakat di desa-desa di seluruh Indonesia (pilih sendiri kelompok dan tempat KKNnya).


       Mata Kuliah Pilihan


* Teknologi Susu * Teknologi Buah dan Sayur * Teknologi Pengolahan Kopi * Teknologi  Pengolahan Kakao * Teknologi Daging & Ikan * Teknologi Minyak & Lemak * Teknologi Legum, Serealia,dan Umbi * Teknologi Karet & Tembakau * Teknologi Pengolahan The * Teknologi Gula * Teknologi Bakery * Dasar Pemprograman * Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen * Bioteknologi Pangan * Industri Jasa Boga * Kewirausahaan * Teknologi Fermentasi * Teknologi Enzim * Formulasi dan Fortifikasi GIzi * Pengembangan Produk Pangan * Management Mutu * Regulasi Pangan * Pangan Fungsional dan Darurat * Teknologi Perisa (Flavoring) * Pengendalian Proses * Pengembangan Proses * Proses Termal  * Riset Operasi , dan beberapa lagi.

            Yuhuuu, Matkul pilihannya keren-keren , jadi bingung juga ntar milih yang mana. :3

            Di TPHP, Teknologi Susu, Teknologi Pengolahan Kakao dan Teknologi Legum, Serealia, dan Umbi menjadi tiga matakuliah favorit. Ada teknologi pengolahan daging dan ikan, hasilnya kaya sosis, nugget, bakso, ada teknologi minyak dan lemak, hasilnya seperti minyak goreng, margarin/mentega, santan instan, ada kewirausahaan  dan teknologi Bakery , ini cocok banget yang pengen buka usaha bakery, ada teknologi fermentasi dan bioteknologi, namun katanya bioteknologi itu matkul yang susah banget karena berkutat dengan makhluk asing, yang kita sebut bakteri. Meskipun susah, kakak angkatan dari Fakultas Biologi pernah bilang itu adalah mata kuliah yang menarik dan lapangan kerjanya luas. Kakak itu bahkan berencana ambil S2 Bioteknologi. Ada juga matkul Teknologi Flavoring, kata dosen kalau dapat kerja bidang ini enak banget *gajinya* tapi aku belum tahu apa yang dipelajari di tekflav selain merasa dan merasa. Terus Teknologi Karet dan Tembakau merupakan contoh produk non-pangan yang menjadikan nama teknologi pangan di UGM ada embel-embel HP (Hasil Pertaniannya) karna ga Cuma pangan doang yang dibahas, dll.

            Oh ya, ada yang pernah nanya:

Q         : “ TPHP yang dipelajari apa sih, kok gak jelas gitu, kayak GizKes bukan , atau Industri ?”

            Kan udah baca uraian dan penjelasanku di atas, jadi masih mau bilang ga jelas , po ?

Jadi, TPHP , Ilmu Gizi , dan Teknik Kimia lebih tepatnya, itu ibarat kakak-adik. Lalu ekonomi serta biologi itu sepupunya TPHP. Dosen Kimiaku pernah bilang, yang kalian pelajari di sini mirip yang dipelajari di teknik kimia. Cuma anak teknik kimia lebih condong ke kimiawi dan pengolahan full-kimia. Mereka gak mau bergaul sama mahkluk biologis apalagi makhluk asing yang bernama bakteri. Di TPHP ada teknik pengemasan, di sana juga ada. Kebanyakan kalau lihat lowongan pekerjaan, teknik kimia dan teknologi pangan sering dicantumkan bersama, sehingga saingan anak teknologi pangan kelaknya juga anak teknik kimia. Tetapi jangan khawatir, anak TPHP udah dibekali banyak disiplin ilmu, jadi kalau dikembangkan dengan baik selama kuliah ya hasilnya baik juga. Berbeda dengan gizi, jurusan ini hanya mentok di pembuatan makanan dengan memperhatikan kadar gizi. Apalagi di UGM gizi masuk dalam kluster kesehatan. Jadi, anak GizKes kurang cocok kerja di pabrik, lebih cenderung ke kesehatan. Kesimpulannya TPHP itu, cakupannya luas dan cocok banget buat yang punya hobi banyak dan ingin dapat 8 kelebihan di satu tempat. *walah* :D 
      Selain itu di UGM sendiri menyediakan tempat buat kamu untuk mengembangkan potensi dan kemampuanmu di bidang lain. Jadi, selain kamu suka berkutat di pangan kamu bisa mengekspresikan dirimu lewat UKM-UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di fakultas maupun universitas. Yang hobi di bidang akademik bisa mengembangkan diri di Gama Cendikia, ASC , yang suka futsal/sepak bola,atau olahraga lainnya bisa ikut Tractor FC,ABC dll. Yang suka tantangan ekstrem, suka hiking, berpetualang , hmm.. Sipp ada GITA PALA . Yang suka kesenian, musik,  paduan suara ada PSTP di tingkat fakultas, tari kreasi modern, tari tradisional, teater,marching band,  dan lebih lengkap lagi tersedia di tingkat universitas, yang suka pacu kuda ? Bisa . , yang suka fotografi, desain ? Bisa. Yang suka berwirausaha? Ada UKM nya, bahkan tingkat yang lebih tinggi bisa terjun langsung di kopma ugm, Yang suka pertanian, diskusi pertanian ada IAAS, yang ingin mendekatkan diri pada Sang Pencipta ada wadah perkumpulan agama, ada KMMTP, KMK,PMK, dll. Di tingkat universitas juga ada kumpulan daerah (tapi bukan di bawah naungan universitas). kalau minat juga di bidang kesehatan bisa mengembangkan minat yang tertinggalmu itu di Ukesma. Yang suka berburu berita ada wadahnya : AGRITA . Kalau mau masuk OSIS nya kampus, nih ada BEM tempatnya. Dan yang pasti ada HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang dekat banget sama kita yaitu KMTPHP (Keluarga Mahasiswa TPHP). Jadi di TPHP itu kita keluarga, dan di KMTPHP itu dibagi lagi dalam beberapa departement sesuai minat kita. Pokoknya selain belajar disiplin ilmu pangan kamu juga bisa mengembangkan kemampuan dirimu di luar dengan mengikuti organisasi-organisasi yang disediain fakultas maupun universitas. Di sini tersedia banyak sekali wadah pengembangan diri di UGM.

Q         :  “Terus lulusan TPHP diterima di mana aja ?”

            Lulusan TPHP itu kerjanya luas. Kebanyakan kerja di pabrik/perusahaan bidang pangan, seperti PT Unilever, PT Nestle, PT Frisian Flag, PT IndoFOOD, PT TPS Food, PT Heinz ABC, Kraft, dan banyak perusahan bidang pangan lainnya, dengan posisi yang bermacam anatara lain sebagai Factory Manager, Production Plant dan Inventiry Control Supervisor, R & D/ QA Supervisor, Quality Control, Production Supervisor, Mekanik, dan lain-lain.

            Terus lulusan TPHP juga bisa buka usaha sendiri seperti pabrik  gula, pabrik susu, pabrik makanan kecil lainnya, buka toko bakery, buka restoran, buka toko makanan, berwirausahan, bahkan bisa kerja di bidang non-pangan. Tapi sedikit yang melenceng dari dunia pangan soalnya kan sayang banget kalau ambil kerja ga sesuai jurusan. Bisa juga kerja sebagai pegawai negeri , seperti kerja di BPOM, Bulog, dan kementrian.

            Sekarang udah dapat gambaran tentang TPHP kan ? Kalau masih belum juga bisa sharing-sharing sama kakak-kakak angkatan, jangan malu bertanya karena memilih jurusan itu harus benar-benar tepat. Jadi jangan memilih sesuatu dengan alasan buruk (spt: ikut-ikutan doang), tapi  pilihlah sesuai minat dan bakat.


Q         :  “Kak, dari tadi yang enak-enaknya aja yang dibahas, ada ga yang bikin gak nyaman di TPHP ?”

A         :  “Di TPHP itu beneran asyik loh dek, katanya sih anak-anak TPHP adalah calon mantu yang baik, soalnya jurusannya berkutat di lingkungan rumah tangga sehari-hari. *apasih* hahah. Kalau soal bikin gak nyaman sih gak ada. Sebenarnya yang bikin gak nyaman itu kalau kita memilih sesuatu yang bukan “kita banget” . Kalau itu mah, pasti kamu gak bakal nyaman. Tapi kalau kamu memilih dengan hati, pasti kamu nyaman. Memilih jurusan itu ibarat memilih calon pasangan hidup *eh, maaf mereka masih kecil* :D Cuma, ada sih sedikit yang bikin capek yaitu LAPRAK (LAPORAN PRAKTIKUM). Nah, yang satu ini menyita banyak waktu karena di TPHP itu banyak banget praktikum, dan setiap selesai praktikumkan pasti buat laporan. Itu dia yang bikin waktu habis bersama laporan. Bagi anak TPHP sendiri laprak itu ibarat teman yang selalu menemani hari-hari, ibarat hantu yang selalui menghantui pikiran, ibarat pacar yang selalu menemani malam minggu. Di awal sih agak terasa berat, tapi karena sering dijalani ya jadi terbiasa. Selain itu, ada biologi dan kimia yang banyak banget jadi kadang-kadang bikin menghela napas dalam-dalam. Hahaha *ga separah itu kok* Intinya kamu harus mencintai TPHP pasti kamu merasa nyaman di dalamnya. Oke deh kakak rasa udah dulu ya dek, udah panjang banget ceritanya.”

Q              :  “Satu lagi kak, bagaimana cara masuk TPHP , sulit gak kak ?”

A         :  “Kalau masalah yang satu ini nanti kakak buat postingan baru ya, judulnya masukan memilih kuliah. Soalnya itu  pasti rada panjang, ntar kamu capek ngescroll terus :D. Intinya kalau mau masuk via SNMPTN ya banyak-banyak berdoa ajalah lagi dek karena nilai rapotmu kan udah ga bisa diganti lagi kecuali sekolah-sekolah yang ”  ”. Katanya SNMPTN itu nasib-nasiban , jadi kekuatan doa juga bermain di dalamnya. Tapi apapun yang terjadi kamu harus tetap mempersiapkan diri buat SBMPTN dan UM. Yang ini butuh usaha keras dari hasil kemampuan sendiri + doa juga. Pokoknya perbanyak belajar, perbanyak berdoa, perbanyak bertanya, perbanyak beramal, perbanyak berbuat kebaikan, niscahya Tuhan akan meluruskan jalanmu. Semangat buat kalian, semoga Tuhan meluruskan impiannya. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau salah dalam pengetikan. Terus maaf juga kalau ada pemakaian kata "aku", biar akrab gitu ceritanya. Hahaha. Terima saran dan komentar juga kok :) Semoga bermanfaat. Salam dari anak-anak TPHP. Semangat mendapatkan Korsa Merah membara ini :)

 
Korsa TPHP (depan-belakang)

turut dilampirkan video pengenalan kampus. Ayo dilihat juga ya. Cek This Out , Click !!! >Video Profil Jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian

Dan juga All about UGM Cekidot Universitas Gadjah Mada

Mau tau review matakuliah? cek this out http://inggridchrisanti.blogspot.co.id/2016/01/review-semester-1-tphp-ugm.html
 
(sumber : pengalaman pribadi, buku panduan akademik, tugas kuliah/tugas ospek, penjelasan dosen selama kuliah, pengalaman kakak-kakak tingkat,wawancara dari teman-teman) .

238 komentar:

  1. materi kimianya berat banget gak ya ka? kimia saya ancur -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kimia sih menurutku mendominasi di prodi ini.. di semester 1 ada kimia organik dan kimia anorganik, semester 2 ada biokimia dan fisika kimia. yah susah2 gampang sih heheh tapi kalo kamu belajar lebih lagi pasti bisa :) semangat..

      Hapus
  2. makasih infonya kak, jadi makin mantep masuk tphp :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 adek :) wuah denger2 kamu uda keterima ya di TPHP.. welcome adek :3

      Hapus
  3. Kak, mau tanya, yang cowo masuk tphp banyak ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cowonya lebih sedikit dari ceweknya dek.. karena mereka berfikir TPHP itu semacam koki.. padahal nggak lho :)
      walaupun cowoknya lebih sedikit dari ceweknya tetep asik kok :D

      Hapus
  4. Kak kalo materi fisikanya gimana ya?susah ngga?hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. fisikanya ada di semester 1 dek, yah mirip fisika SMA kok :) kalau menurutku hanya perlu pemahaman sama banyak berlatih aja. Lagian nanti kalau nggak bisa, banyak kakak angkatan yang pasti bantu kalian bisa kalian nanya, bisa nanti ada kelas tambahan sebelum ujian. jadi tenang aja :)

      Hapus
  5. iya materi fisikanya gmn nih kak?jd was was fisikaku tak sebagus yg dibayangkan huhuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang.. fisikanya mirip fisika SMA kok.. :)
      lagian nanti ada kakak angkatan yg pinter2 buat ngajarin kalian kalo kalian kesulitan :)

      Hapus
  6. Kak, bedanya teknologi pangan sama teknologi hasil pertanian itu apa? Beberapa univ cuma kan punya salah satu, kalo tekpang itu khusus yg makanan aja apa gimana? Sedangkan thp itu pangan sama nonpangan apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini, kalo di di UGM kan namanya Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian. nah di situ kita nggak cuma mempelajari tentang pangan aja. kita bakalan mempelajari tentang hasil pertanian, ada karet, tembakau, dll yang non pangan. Jadi nanti kerjanya nggak cuma sekedar di industri pangan aja. Kalo teknologi pangan itu menurutku cuma sekedar pangan aja. Nanti di TPHP semester 1 bakalan ada pengantar teknologi pertanian, di situ kita dijelasin objek apa aja yang akan menjadi pilihan matakuliah kita di semester depan :) ada coklat, ada susu, ada daging, ada buah dan sayur, ada karet, tembakau, kopi, teh, dan masih banyak lagi. Selain itu ada bagaimana fermentasi itu, ada juga tentang sanitasi.

      Hapus
    2. kalau kk dulu ngambil apa ? susu, daging, atau apa ? alasannya

      Hapus
  7. Kak aku baru kelas 12 nih masih galau jurusan, maunya sih gizkes di pilihan 1, tp jadinya TPHP di pilihan 1. Takutnya salah pilih soalnya masih baru baru cari info gitu.. Nah kalo buat prospek kerjanya, apakah menjamin untuk kerja di pabrik pangan? Tapi hati masih tertarik ke kesehatan :( mau kelebihan spesifik TPHP kak. Makasih ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo febri.. maaf baru sempet bales nih, biasa sibuk sama kuliah hehehe
      prospek kerja dari TPHP itu beragam dek. Bisa kerja dipabrik contohnya jadi R&D, QC, dan lain2. setauku sih menjamin kerja dipabrik, atau malah pengen wirausaha buka toko makanan gitu. di TPHP kita belajar nya beragam kok.. bukan berarti kalo teknologi pangan kita bakalan cuma kayak masak2,tapi kita bisa inovasi bahan pangan yang tadinya ndak disukai bisa jadi produk olahan yang enak tapi tetap pada nilai gizi yang tinggi. DI TPHP kita juga bisa belajar tentang ilmu gizi, bahas karbohidrat, protein, lemak, air, dll. Kita juga mempelajari mekanisme dari alat yang kita gunakan untuk pengolahan tapi ndak mendalam seperti teknik mesin, kita hanya sekedar tau aja konsep dasarnya. misalnya, di industri pangan kan ada pendinginan nah pakai kulkas kan? kita nanti belajar mekanisme kulkas iu gimana sih dalam mendinginkan? kita juga bisa mengetahui efisiensi dari kulkas, jadi nanti kita bisa memperkirakan butuh biaya berapa untuk proses itu. di TPHP kita juga belajar bioteknologi yang berhubungan dengan mikrobia. contohnya fermentasi, itu kan pake mikrobia. kita diajari cara menumbuhkan mikrobia, lihat bentuknya, bahkan tau kegunaan dan bahanya mikrobia itu. kurang lebih yang baru aku dapat itu sih hehehe

      Hapus
  8. kak klo matematikanya itu belajar bab apa saja sih kak klo di sma? kan bab matematika itu banyak banget hehe dipelajari bab dimensi 3 ga kak? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. matematika yang banyak dipake sih statistika dek, mungkin ada sedikit turunan dan integral, itu buat penerapan aja sih.. contohnya misal kita punya pabrik susu, perlu kaleng kan? nah nanti kita ngitung volum atau luas permukaan kaleng yang bakal digunain supaya saat nanti sudah di isi produk, kalengnya ndak terlalu memuai atau malah menyempit. di matematika kita juga mengasah kemampuan berhitung dan menggukan kalkulator scientific yang benar. penerapannya nanti ada di matakuliah satuan operasi yang bakalan ngitung dengan angka yang besar.

      Hapus
  9. Kak kira-kira lulusan TPHP prospek kerjanya besar gak ya? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. menurut sepengetahuanku dan pengalaman kakak angkatan, prospek kerjanya sih besar. Lulusan TPHP bisa kerja di pabrik sebagai Factory Manager, Production Plant dan Inventiry Control Supervisor, R & D/ QA Supervisor, Quality Control, Production Supervisor, Mekanik, dan lain-lain. Bukan hanya di pabrik aja kerjanya bisa di bulog, kementrian atau badan penelitian gitu. Bahkan kita bisa berwirausaha karena di TPHP UGM kita dibekali dengan matakuliah kewirausahaan.

      Hapus
  10. terimakasih kakak :)
    minta materi sama soal2 latihan boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 adek :)
      materi sama soal apa ya maksud nya?

      Hapus
    2. materi catatan kuliah gitu kak yg softcopy :) saya maba sih masih kesulitan

      Hapus
    3. ow, kamu maba TPHP di UGM juga? atau di universitas lain?
      kalau catetan aku cuma make ppt dari dosen dek, kalo soal2 gtu banyak sih, tapi itu uda kayak jadi buku di jilid gtu.. susah juga kalo mau scan.. semester 1 memang masih abstrak sih menurutku tapi penting karena itu jadi dasar. kayak fisika dasar dia mendasari satuan operasi nantinya. tapi ndak semua materi sih.. hehehe
      kalo mau latian soal2 gtu minta kakak angkatan mu aja, soal2 UTS dan UAS nya

      Hapus
  11. permisi kak saya mau nanya kalo TPHP UGM bukaprogram ekstensi dari D3 tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kalo ini aku kurang tau juga sih.. coba nanti aku cari tau dulu ya... :)

      Hapus
  12. Kak, mau nanya ni....kalau ambil tphp susah gk praktikum di labornya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm, praktikum TPHP menurutku ndak susah kok, asyik malah.. Tapi semua itu perlu ketelitian dan ketekunan :) Hanya saja di TPHP harus siap dengan praktikum yang banyak, juga laporannya. Tapi sejauh ini, praktikum yang pernah aku lalui asyik semua kok. Di semester awal ada Biologi sel. Praktikumnya mirip dulu SMA, contohnya kita bakalan lihat gimana bentuk granula pati yang uda terjadi gelatinisasi, atau melihat globula lemak pada air susu dengan berbagai proses, dll. Semester kedua ada Mikrobiologi Umum. Praktikum ini lebih "bermain-main" dengan mikrobia, contohnya kita bakalan diajarin caranya numbuhin bakteri di media agar, lihat jamur pake mikroskop tapi kita buat preparat sendiri dan masih banyak lagi. Di semester 3 ada praktikum KBPHP dan Sifat Fisik Pangan & Uji Sensoris. KBPHP itu kita praktikum tentang karbohidrat, lemak, protein, respirasi dan fermentasi, zat warna dan enzim. kalo sifat fisik dan uji sensoris itu kita kayak ngetest makanan secara subjektif dan objektif. bisa dari segi flavornya, atau atribut yang lain kayak kekerasannya, kealotannya, dll.

      Hapus
  13. kak, aku mau nanya kalo di tphp biologinya perlu menghafal atau memahami aja kak? kan biasanya biologi itu bnyak menghafal kak hehe
    terimakasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut aku pribadi sih banyak menghafalnya... tapi ada beberapa materi yang pake logika kok.. :)

      Hapus
  14. Halo kak :)
    liat tulisan kakak jadi pengen ke TPHP UGM. cocok banget kak sama aku suka bio,kimia, sama ekonomi. Tapi kenapa ya kak aku masih belum 100% yakin ke sini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo adek :)
      kalo kamu suka biokimia dan ekonomi bisa banget masuk tphp :)
      ehm, kalau kenapa kamu belum 100% yakin masuk tphp aku kurang tau hehehe, tapi biasanya memang yang mau ke jenjang perkuliahan kebanyakan sering galau tentang jurusan sih.. coba mantapkan lagi hatimu memilih jurusan apa.. karena pernah ada yang bilang apapun yang kita pilih, kalau kita mantap dan suka pasti menyenangkan :)

      Hapus
  15. kak mau nanya,matkulnya lebih banyak biologi atau kimia ya kak?aku pengen tphp krn awalnya mikir banyak biologinya soalnya suka hapalan,tapi kayaknya lebih banyak kimianya ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurutku sih imbang.. kalau nanti matakuliah yang berhubungan dengan mikrobiologi ya biologi, kalau tentang kimia pangan ya kimia.. tapisejauh ini imbang kok..
      ehm, hampir semua matakuliah di tpho hafalan kok, tapi bisa di logika, karena nanti di semester 3 kita bakalan lebih fokus ke karbohidrat, lemak, air, protein, dan lain2 :)
      hitungan paling di satuan operasi gitu sih.. hehehe

      Hapus
    2. oke kak makasih banyak ya infonya kak,berguna banget:)

      Hapus
  16. Ka masuk tphp ugm dengan nilai rata" rapot brp? Masuk melalui jalur apa ka? Daya tampung di ugm berapa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku masuknya pake jalur sbmptn dek, jadi aku kurang tau berapa rata2 nilai rapot yang harus dipenuhi untuk masuk ke ugm hehehe.. kalo tphp sendiri setauku daya tampung totalnya sekitar 100

      Hapus
  17. kak mau tanya nih :)
    aku udah kelas 12 dan udah mantap pilih jurusan TPHP tapi masalahnya kalau ke UGM kejauhan kak , aku aja anak jatim pasti nanti peluang diterimanya sedikit kak. jadi gimana kak? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai rifal dwi..
      wah.. kalau kamu mantap masuk TPHP UGM why not? kalo masalah jarak ndak masalah kok.. kamu bisa nge kost atau tinggal di rumah saudara yang ada di jogja :) menimba ilmu sekalian belajar untuk jadi mandiri..
      ehm, kalo keterkaitan antara peluang diterima sama asal kota ndak akan jadi masalah kok :) temen satu angkatanku juga banyak yang dari jatim. ada yang dari lumajang, madura, dll. bahkan dari luar jogja juga ada. kalau memang sudah jadi keinginan hati kamu masuk ke TPHP dan dibarengi dengan belajar giat juga berdoa pasti bisa kok masuk ke jurusan ini :) anak2 jogja pun bisa jadi juga punya peluang keterimanya dikit. jangan kawatir :) terus giat belajar dan berdoa. semangat !

      Hapus
  18. kak, dalam waktu deket ini bisa aku wawancarain soal teknologi pangan ga kak? aku ada tugas sekolah soalnya..
    aku pengen masuk jurusan ini, dan kebetulan nemu blognya kakak~

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dek, asalkan pas aku juga selo.. karena desember-januari awal ini kakak lagi UAS heheh.. tapi kalo misal ndak ketemu langsung bisa sih.. heheh

      Hapus
    2. online aja kak, soalnya aku di jakarta. susah mau ke sananya :)
      lewat mana enaknya ya kak? line atau email?

      Hapus
    3. owalah, yayaya
      may be line aja yang mudah diakses soalnya selalu online, kalau email aku jarang buka hehehe

      Hapus
    4. oke kak kalo gitu lewat line~ id nya apa kak? biar aku aja yang nge add

      Hapus
    5. kak, kok tiba" menghilang? :'(

      Hapus
    6. eh maaf dek, kemarin banyak tugas yang menyita waktu jadi ndak sempet buka blog dulu.. ini baru sempet buka lagi.. ID Line ku inggrid.chrisanti

      Hapus
  19. Kak, saya Reyvan dari Mojokerto, Jatim. Aku sekarang kelas 12. Aku pengen banget masuk TPHP UGM. Namun raporku semester 5 ini biologi sama matematikaku turun terus kimia sama fisika alhamdulillah naik. Nah, apakah saya masih bisa berkesempatan masuk jurusan ini. Awalnya jurusan ini menarik hati saya dan niat serta keinginan ingin masuk jurusan ini, tetapi yaitu tadi nilai bio sama matem saya yang turun walau penurunannya ga terlalu kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai reyvan, maaf ya baru bales. ehm kalomasalahnilai turun itu jangan kamu kawatirkan.. mungkin kamu akan gagal di snmptn tapi masih ada kesempatan di sbmptn dan UM. aku juga dulu masuk lewat sbmptn kok.. ketika kamu punya keinginan, barengi dengan usaha maka keinginanmu akan tercapai :) semangat ya..

      Hapus
    2. makasih kak, :) semoga aku bisa nyusul kakak di TPHP UGM 2015 kak. Aamiiin :)

      Hapus
    3. sama2 reyvan :) kakak tunggu di TPHP UGM :D
      semangaaattt :)

      Hapus
  20. Kk di TPHP peran b.inggris gimana kk?soalnya nilai b.inggris ku kurang bagus.terus kak kuota TPHP UGM untuk snmptn berapa ya kak?dan kakak kan lulus lewat sbmptn,berapa ya passing grade TPHP UGM kk?maaf kebanyakan nanya kk,di tunggu ya jwbnnya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peran bahasa inggris menurut aku sih lebih ke membantu kita dalam memahami jurnal2 sama buku2 yang nggunain bahasa inggris.
      ehm kalo kuota snmptn aku kurang tau dek. Itu ndak tetap sih.. bisa aja berubah tiap taunnya. Iya aku lolos lewat sbmptn tapi aku kurang tau sih passing grade nya berapa yg taun kemarin heheh..
      iya ndak apa kok.. ndak salah juga tanya, tapi maaf ya ndak semua yg ditanyain, kakak bisa jawab.. hehe

      Hapus
  21. kak mau nanya,apa udah ada bukti nyata yang ngambil jurusan di tphp ini nantinya bakal keterima di perusahaan2 besar kayak pt unilever atau nestle dan temen2nya itu?kira2 menurut kakak apa bisa memperoleh gaji yang besar setelah kerja di perusahaan A misalnya?thanks infonya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukti nyata nya sudah ada kok.. ada banyak alumni yang sudah keterima di perusahaan2 besar.. kalo masalah gaji aku kurang tau sih..

      Hapus
    2. saya bantu jawab ya, kalau mau gaji besar itu sih tergantung gimana kamu berusahanya tergantung kemampuanmu juga, rezeki juga udah ada yang ngatur, kan? cuma untuk bisa masuk fmcg yang skalanya spt yg kamu sebutin, ada peluang yang besar juga mengingat prosuk pangan biasanya diproduksi secara masal..

      Hapus
  22. kak aku kok masih galau ya mau masuk TPHP aku masih dilema sama ilmu gizi, aku condongnya di pelajaran biologi sama kimia menurut kakak aku lebih cocok dimana? mohon sarannya ,

    BalasHapus
  23. kak mau nanya, saya kan kurang suka belajar matematika dan nilai matematika saya juga kurang (rata2 smt 1-5 79 koma) tapi nilai kimia biologi rata2 85 koma dan fisika rata2 81 koma. kira2 saya bisa masuk di tphp ugm ga kak? mata pelajaran prioritas di tphp itu apa sih kak? oiya kalo di jalur snmptn itu di ugm diprioritaskan murid-murid dari jogja dulu apa bagaimana? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii.. maag ya baru bales..
      jadi pelajaran yang utama di tphp menurut kakak sih kimia biologi.. tapi semuanya penting ternyata. Matematika juga penting, keterampilannya sih bukan matematika murni kayak SMA. Heheh.. menurutku bisa2 aja sih km masuk tphp ugm :) sebenernya bukan cuma bisa, tapi harus rajin..
      ehm.. masalah jalur snmptn mana yg prioritas aku kurang tau sih.. heheh

      Hapus
  24. kak mau nanya, knp kakak awalnya pengen msk tphp?? terus gmn pas msh awal semester gt susah gk ngikutin pljrnnya kan kayaknya bakalan byk hafalan biologinya gt?? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii.. maaf ya baru sempet bales.. ehm.. aku kenapa pengen masuk tphp. Awalnya aku juga bingung sih mau masuk jurusan apa.. tapi kakakku nyaranin teknologi pangan. Setelah itu aku kepoin juga apa yg dipelajari di TPHP.dari penjelasan yang aku dapat akhirnya aku pengen masuk TPHP heheh.. ehm semester awal pelajarannya hampir semua mirip SMA kok.. hanya ada matakuliah yang memperkenalkan sama matakuliah pilihan di TPHP ini.. jadi kita lebih ngerti lagi sebenernya TPHP itu fokus ke apa. Kesulitan pasti ada. Hehehe yah.. hampir semua hafalan emang. Tapi ketika itu bisa dilogika kenapa kita harus menghafal :)

      Hapus
  25. halo kakk.. :-)
    mau tanya, kalau kakak2 alumni yg lulusan TPHP itu rata2 udah kerja dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii.. kalo denger dari cerita dosen pembimbingku, ada yg kerja di nestle, ada juga yg di frei abadi (kalo ndak salah gtu tulisannya), ada yg diindofood, masih ada yg lain lagi tapi lupa heheh

      Hapus
  26. kak,mau nanya angkatan kakak yg dari riau ada?brp org dan asal sekolah darimana kalau ingat kak?makasih ya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru bales..
      kalau setauku sih ada 1, entah mungkin masih ada yang lain, aku ndak terlalu hafal itu dek.. sekolahnya aku juga ndak tau heheh maaf ya

      Hapus
  27. klau dari d3 teknik pengolahan sawit, bisa g lanjutkan ke TPHP, Mohon jawabannya y,..,.,

    BalasHapus
  28. kak mau nanya, kan TPHP itu banyak praktikumnya, kalau gak terbiasa praktikum kira-kira bisa mengikuti pelajarannya gak? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm, kalo itu sih tergantung sama pribadi masing-masing. kalau kamu ingin dan mau berusaha, aku rasa kamu bisa mengikutinya kok :)
      lagipula, nanti waktu praktikum bakalan ada asisten praktikum yang nemenin. jadi kalo kurang dong bisa tanya..

      Hapus
  29. kak boleh minta kontaknya nggak? wa aau line gitu, mau nanya2 lbh dalem nih heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ID line ku uda aku sebutin di salah satu comment. bisa di cek

      Hapus
  30. kak mau nanya, klo nantinya kerja diperusahaan kyk unilever, nestle dll gitu nanti kerja dibagian apanya?? terus selain diperusahaan kyk gitu, kemungkinan bisa kerja dirumah sakit gt nggak?? makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm, kayaknya di tulisan blog ku sudah aku share ttg posisi apa yang akan ditempati kalo kita kerja di pabrik, yaitu Factory Manager, Production Plant dan Inventiry Control Supervisor, R & D/ QA Supervisor, Quality Control, Production Supervisor, Mekanik, dan lain-lain.
      rumah sakit? may be bisa.. aku belum pernah denger sih tapi. kalo fokusnya sih bukan ke rumah sakit. lebih ke kerja di pabrik sama wirausaha setauku

      Hapus
    2. coba bantu menjawab, lulusan pangan bisa kok kerja di rumah sakit, bagian gizinya kira2, dosen saya mengatakan lulusan pangan bisa jdi ahli gizi,
      memang ada lulusan ilmu gizi yang bisa, tpi lulusan pangan juga belajar tntang gizi, mlahan kita sdh tw mknan ap yg cocok, kndngan karbohidrat lemak protein pda bahan ini berapa dan cocok nggak dgn pasien dgn penyakit trtntu,
      plusnya jurusan pangan itu, kita bisa lngsung aplikasi teori dgn mnyediakan pangan yang sehat bergizi dan seimbang,

      salam kenal, saya mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Sriwijaya

      Hapus
    3. terimakasih lagi buat bantuan menjawabnya ya.. :)

      Hapus
  31. :) makasih kak buat posting nya, yang bikin aku mantap masuk TPHP UGM
    kak, aku kepengen tanyak lebih dlem lagi, boleh minta kontaknya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama... semoga tahun ini bisa keterima di TPHP UGM. Amiinnn
      ID line ku uda aku sebutin di salah satu comment. bisa di cek

      Hapus
  32. Makasih ya kak, postingannya bermanfaat banget:) oiya kak, kalo kimianya lebih banyak hitungan atau teori ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama2 :)
      kimia banyak teori sih menurutku.. tapi disemester 1 masih mirip kayak SMA masih ada hitungan gtu heheheh

      Hapus
  33. Di teknik kimia juga ada bagian yang mempelajari makhluk yang bernama bakteri lho mbak ;)

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga kok nanti di BPOM, setauku sih..

      Hapus
    2. bantu jawab ya
      gini Mira, lulusan dari tek pangan, atau tphp juga bisa loh kerja di pemerintahan, salah satunya spt yg udah disebutkan kak ingrid..
      tapi bisa juga bekerja di kementrian perindustrian dan perdagangan, balai ketahanan pangan, kalau tertarik terlibat di penelitian, bisa dicoba masuk LIPI.. dan masih banyak lagi... :)

      Hapus
    3. bantu jawab y mbak inggrid,
      lulusan pangan itu lapangan kerjanya luas banget lho, mulai dari usahawan, kerja di pabrik, bahkan ke pemerintahan,
      selain yg disebutkan mbak inggrid dan anonim di atas, lulusan pangan bisa kerja di kedutaan besar / atase perdagangan bidang hasil pertanian, kerja di MUI sebagai penyedia sertifikasi halal, atau di Badan Standarisasi Nasional,

      Hapus
    4. wah terimakasih ya buat bantuan jawabannya, sangat membantu :)

      Hapus
  35. Aku kelas 12 kak. Masih bingung jurusan. Guruku gak saranin aku masuk teknik dikarenakan nilai fisika yg kurang memadai. Tapi biologi dan kimia lebih menonjol. Kalo gitu,kira-kira bisa gak masuk tekpang ini?

    BalasHapus
  36. kak di TPHP banyak hitungan gak ?,soalnya aku kurang dalam hitungan tapi kalo biologi aku termasuk bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan dek, karena namanya aja teknologi pangan bukan kimia pangan. kalau ada teknologi berarti berhubungan sama mesin2 juga kan? nah itu ada hitungannya :)

      Hapus
  37. kak,di tekpang UGM belajar nya pake b.inggris gak ? aku takut,aku kurang lancar b.inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang pake, ada yang ndak sih..
      tapibeberapa dosen ppt nya pake bahasa inggris sih

      Hapus
  38. kakak dulunya SMA mana ?

    BalasHapus
  39. kak kira" anak lulusan kimia analis cocok gak masuk TPHP ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, aku kurang tau kalo itu.. kimia analis materinya yg dipelajari aja aku kurang tau dek..
      tapi info aja sih, yang namanya teknologi pangan bukan cuma fokus di kimia pangan aja, tapi juga di teknologinya dan berhubungan sama mesin2, ada juga ttg mikrobiloginya juga.

      Hapus
  40. Kak butuh info bgt nihhh tolong dijawab yaa :) aku minat bgt bgt bgt bgt sama tphp kak tapi aku dari smk jurusa kimia analisis, aku mau tanya kak kalo aku daftar di sini lewat jalur snmptn kira2 memenuhi persyaratan untuk diterima gak kak ? Apa harus lulusan sma ipa yang bisa masuk sini? Terus kalo sbmptn juga bisa memenuhi persyaratan ga? Jawan ya kak plisssss :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti jawaban diatas dek, aku kurang tau kalo itu.. tapi info aja sih, yang namanya teknologi pangan bukan cuma fokus di kimia pangan aja, tapi juga di teknologinya dan berhubungan sama mesin2, ada juga ttg mikrobiloginya juga.
      kalau syarat snmptn sih itu aku kurang tau menau, karena sampek sekarang aja kriteria lolos jalur snmptn aku kurang tau. sejauh ini sih yang aku kenal kebanyakan aslinya anak IPA.
      sbmptn kan kamu tes jadi ndak liat kamu asal SMA mana, asalkan kamu bisa ngerjain soal2nya aja pasti keterima kok

      Hapus
  41. Ka, kalo aku SMA mau IPS trus lanjut TPHP. Kira-kira kesulitan gak ya diawal semester? :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm, kalau aku lihat dari aku sih sulit buat adaptasi dek.. tapi kalau kamu bisa adaptasi mungkin juga sih. tinggal tergantung masing2 orangnya sih

      Hapus
  42. kak, prospek kerja TPHP untuk pegawai negeri, dimana saja ya? Dan lebih luas mana sama ilmu gizi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. may be BPOM, tapi sebener e bisa jadi wirausahawan sih, atau jadi konsultan sebuah pabrik gtu. kalau luas mana sih aku ndak terlalu ngerti. aku ndak tau prospek kerja dari ilmu gizi.

      Hapus
  43. Hai kak, bales line aku ya. Thankyou :)

    BalasHapus
  44. halo kak. kak aku berminatt banget masuk TPHP UGM. kak aku pengen tanya berapaaan sih kak biaya kuliah Di TPHP UGM per semesternya kak? kalo boleh minta pin BB nya dong kak biar aku tanya tanya lebih banyak lagi kak. makasih kkak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau angkatannku sih pakenya uda sistem UKT. itu per semester bayarnya itu aja ndak berubah2 tiap semester.
      line aja dek, lineID: inggrid.chrisanti

      Hapus
  45. kak mau minta id line nyaa dong kaa mau tanya2..

    BalasHapus
  46. kak TPHP itu bisa jadi pengajar(dpt SK)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh aku kurang tau sih kalo masalah itu hehehe, kemungkinan bisa jadi pengajar sih..

      Hapus
  47. Wah kak makasih banyak infonya :D taun ini aku masuk kuliah kak, pilihan pertamanya tphp ugm hehe. Mau nanya dong kak, aku kan dari jawa barat, kira" peluangnya seberapa kak ? nilai rata" rapot aku bagus tp ga gede" bgt kak tapi agak pesimis soalnya dari provinsi lain:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, maaf baru sempet bales, lagi sibuk praktikum nih heheheh..
      kalo masalah peluang gtu sampek sekarang aku kurang tau sih hehehehe tapi, temen2 ku juga banyak kok yang dari luar.. jadi jangan pesimis yaaa.. gimana hasilnya?

      Hapus
  48. hai kaka
    mau nanya supaya bisa lolos ke TPHP UGM, di SBMPTN harus prioritas pelajaran apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya asalkan kamu bisa mencapai passing grade tphp, kamu bisa kok lolos sbmptn hehehe

      Hapus
  49. Kak mau tanya sma ini aku dasarnya gak suka biologi gt apalagi kalo biologi taneman gt hehe kira kira cocok nggak ya kuliah di teknologi pangan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita lebih ke makanan dek, bukan tanemannya...
      selain itu kita juga ke teknologinya..

      Hapus
  50. Ka, di tphp uang kuliahnya gede gak? Ky macem buat praktikumnya gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ugm, praktikum ndak bayar.. bayar UKT doang, nanti itu sesuai gaji orang tua aja sih..

      Hapus
  51. Makasih kakak atas infonya. Aku jadi pengen masuk TPHP UGM nih :) Tapi belajarnya kudu ekstra ya, soalnya PG nya tinggi banget kak :O hehehe.
    Kakak angkatan tahun berapa kak? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 :)
      hehehe, ya mau masuk manapun pasti butuh belajar ekstra kok :)
      semangat yaaa..
      aku angkatan 2013

      Hapus
  52. Kak dulu kakak milih tphp di sbmptn di pilihan ke berapa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ambil tphp pilihan pertama, karena aku cuma ambil 1 pilihan aja hehehe, soalnya takutnya kalo ndak keterima di tempat yang kita pengen malah urusannya panjang hahahaha

      Hapus
  53. kak rencana aku mau pilih TPHP ugm btw sbm nih... Soalnya setelah baca blog ini aku jd makin berminat buat msuk tphp.. tpi tanteku blg klo tphp kurang keren cuman gra2 ada embel2 "pertaniannya".. aku sih gk setuju... mnurt kakak gmn? aku bingung mo jelasin sm tanteku gmn soalnya aku jg gk terlalu tahu ttg tphp...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. bnyk tmen2ku jg yg ngeremehin tphp..., soalnya mreka mau msuk tekniklah, kedokteranlahh,, dsb.. pdahal mnurutku tphp gk klah keren sm jurusan yg lain kok.. soalnya emg kita gk bs ngebandingin jurusan stu dg yg lain , kan msing2 punya keunikanx... ya gk? mnurut kakak gmn? soalnya aku gk tahan sm tmen2ku yg suka ngeremehin tphp gt...aku hrus blg apa ke mreka ka?

      Hapus
    2. ehm, kadang emang tphp terlalu diremehin karena ada embel2 pertaniannya itu. bahkan mereka ndak bisa bedain mana pertanian dan mana tphp. padahal maksud dari embel2 pertanian itu untuk memperluas bidang kerja kita. misalnya ada yang lebih minat ke hasil non pangan (contohnya karet, tembakau) tapi mereka pengen tau pengolahannya bukan cara menanam dst yang berhubungan dengan pra panen bisa tu ambil tphp juga. sampai saat ini pun aku juga merasakan hal yang sama, kadang masih ada yang ngejekin kalo tphp itu kerjaannya nyangkul lah, cuma jadi koki lah, dst yang ndak sesuai. mereka belum tau aja apa yang kita pelajari. kita mirip sama teknik karena ada teknologinya, segala mesin pengolahan beserta penghitungannya kita harus menguasai. ada ttg ilmu gizi pangan yang mirip sama prodi ilmu gizi, ada tentang pengolahan dari tiap komoditas pangan yang itu menjadi ciri utama dari tphp sendiri.
      sharing aja ya, awalnya aku juga jengkel karena temen2 menganggap tphp itu cuma sebatas itu. tapi akhirnya aku sadar sekarang, bahwa untuk menghadapi yang semacam itu bukan lagi dengan kata2 karena percuma. tapi dengan prestasi yang kita ukir di prodi ini. dari IP yang cumlaude, atau dengan prestasi lainnya. hehehe...

      Hapus
    3. oh ok deh kak.. mksih yaa... hehe... emg mreka yg suka komen gk jelas itu sbenernya gk ngerti n gak tau.., tpi sok2nya ngerti.... hidup tphp!!

      Hapus
  54. Tulisannya bagus dek, sukses bikin aku senyum-senyum sendiri.. Aku alumni S1 TPHP UGM, dan S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Minat Gizi Kesehatan) UGM..

    Aku bantu kasih gambaran yaa..
    Pertama... Mengenai penamaan jurusan, di UGM namanya Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, di UNS, UB, dll namanya Ilmu dan Teknologi Pangan, sebenernya yang dipelajari sama aja, penamaan jurusan itu tergantung dari nomenklatur Dikti saat tahun berdirinya Prodi tsb.. Untuk tahun 2015 namanya jadi Teknologi Pangan :)

    Kedua.. Bedanya Prodi Teknologi Pangan sama Prodi Gizi, bedaaa banget!! Tapi Ilmu dan Teknologi Pangan itu ± 30% dipelajari di Prodi Gizi.. Karena pada dasarnya gizi itu tidak lepas dari makanan.. Tapi Prodi Gizi lebih fokus ke diet pasien dan kesehatan, bukan pada teknologi pengolahan pangan.. Walaupun di Prodi Gizi juga dipelajari mengenai gizi kuliner..
    Sepengetahuanku, masak memasak itu malah bagian dari praktikum Prodi Gizi, sementara praktikum Prodi TPHP menciptakan produk inovasi dg memanfaatkan teknologi..

    Buat kalian yang kreatif dan bermental wirausaha, aku merekomendasikan jurusan TPHP.
    Buat kalian yang memiliki kemampuan public speaking, care dan tertarik di bidang kesehatan, aku merekomendasikan jurusan Gizi.

    Semoga sukses mengejar cita-citanya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kak baru bales, lagi sibuk mempersiapkan kerja praktek heheheh
      heheheh makasi kak :3
      hehehe, jadi keinget masa kuliah dulu ya kak? heheheh
      kakak angkatan berapa?

      wah makasi ya kak, buat gambarannya hehehehehe

      Hapus
  55. haii kak,.. aku jurusan TPHP ni ktrima di SNMPTN.... walaupun aku seneng msuk tphp tpi aku kesel klo d tnya ...
    "kamu jurusan mna dek?"
    "aku teknologi pangan kak"
    "itu fakultas mna ya dek?"
    "teknologi pertanian kak"
    "ohh pertanian.. kok kamu mau sih bertani?"
    "hehe..(aku hanya bisa diam)"

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru bales hehehe..
      wah selamat yaaa :D
      hahahaha, sudah biasa dek.. yang penting kita tunjukkan nantinya kita bisa jadi mahasiswa yang "keren" dan jadi orang yang berguna pas nanti kita lulus.. terkadang banyak orang yang ndak bisa bedain antara pertanian dan teknologi pertanian heheheh.. mereka ngira kita disuruh nyangkul, padahal ndak ada sama sekali dengan nyangkul. kita bakalan jadi foodtech :)
      as long as humans eat foods, foodtech will never die :3

      Hapus
    2. hehe iya kak..wahh mkasih nih pencerahannya...keren banget blognya lhoo..... untung aku nemu blog ini .. long live food tech !! food tech rule the world yeah!

      Hapus
    3. sama2 :)
      senang bisa membantu :)
      semangat yaaa...

      Hapus
  56. Kak, mau tanya, untuk semester 1 dan semester 2 ada rekomendasi buku gak kak?
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semester 1 sih kayaknya aku ndak lake buku sih, cuma kalo mau lebih paham bisa pinjem aja buku kimia anorganik dan kimia organik.. pinjem aja, karena itu kepake disemester 1 aja sih sebener e,,,
      semester 2 mungkin biokimia, itu juga bisa pinjem sih.. diperpustakaan ada pasti hehehe :D

      Hapus
    2. Kira-kira bku pegangannya ada yang bisa di download dr internet gk?

      Hapus
    3. ehm, buku pegangan dari internet sih biasanya dapet rekomen dari dosen..

      Hapus
  57. Kalau prakteknya semua di gedung FTP atau misalnya gedung FMIPA juga kayak praktikum kimia/fisika/dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingetku, di awal2 semester atau tepatnya waktu semestre 1 itu masih ada praktikum di FMIPA.. kalo uda semester2 ke atas setauku di FTP semua heheheh

      Hapus
  58. Kak gelar S1 Tekpang UGM apa sih?

    BalasHapus
  59. Kak kalau di teknologi pertanian ada jurusan apa aja selain TPHP? Terus apa bedanya fakultas teknologi pertanian sama fakultas pertanian? kira2 mna lulusan yang banyak dicari dari FTP atau Pertanian? Terus dalam peluang kerja bnyakan mna peluangnya FTP atau Pertanian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di FTP ada 3 jurusan dek.. ada Teknik Pertanian (TEP), Teknologi Industri Pertanian (TIP) dan Teknologi Pangan & Hasil Pertanian (TPHP)
      setauku kalo teknologi pertanian lebih ke pasca panen sih, kalo pertanian lebih ke pra panennya. kalo masalah lebih dicari yang mana sih aku kurang paham dek.. coba kamu tanya yang lulusan pertanian dan lulusan teknologi pertanian, siapa tau mereka bisa lebih jelas memberi tau :)

      Hapus
    2. yakin aja y, klo suatu universitas sdah mmbuka satu jurusan atau fakultas, pasti itu sdah ada bidang pekerjaannya masing2, ftp lebih ke arah bidang ini, fp lbh ke ara bidang itu,

      rejeki sdah ada yg ngatur, nggak melulu lulusan ftp yg dicari bgitupun sebaliknya, trgntung dari si pembuka lowongan kerja mau lulusan apa,

      Hapus
    3. setuju sama komentar di atas :) terimakasih sudah membantu memberi penjelasan

      Hapus
  60. kak aku kan sekolah di SMK N 1 Bawen, (sekarang naik kelas 11)
    nah itukan SMK pertanian. aku di situ ambil jurusan TPHP
    menurut kakak, klo udah lulus. lebih baik langsung kerja atau nerusin di UGM ya kak?
    terus bimbingan TPHP di SMK sama di UGM itu bedanya jauh gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai maaf baru sempat balas comment nya...
      kalau kamu mau lebih mendalami tentang pangan (dari nilai gizinya, rekayasa prosesnya, teknologi pengolahannya, dll) boleh lah terusin ke perguruan tinggi.
      wah aku kurang tau kalo misalnya membandingkan antara SMK dan UGM karena aku sendiri bukan dari SMK

      Hapus
  61. Kak, kalo secara rasio, cowok sama cewek di TPHP UGM berapa banding berapa? Kalo aku baca komentar diatas kok kayaknya cowoknya sedikit ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sih cowoknya lebih sedikit dibanding ceweknya tapi untuk rasio pastinya aku juga kurang perhatiin sih..
      karena setau mereka itu TPHP hanya melulu tentang masak - memasak seperti tata boga, padahal sebenarnya TPHP itu lebih kompleks dari itu...

      Hapus
  62. sebelum baca artikel ini aku udah jelajah internet dari jam 8 malem, cari tentang akuntansi, ekonomi bisnis, seni, tapi setiap nemu aku tetap mikir gak siap nglepas asiknya praktikumnya anak IPA.. sampai akhirnya skarang (sekitar 1:10 AM ) baca artikel ini bikin senyum-senyum dan asli bikin kepincut sama TPHP..kebayang juga sosok kakak yg asik banget ngebawain tulisan ini :D makasih banget kak,, memotivasi banget buat mmasuk TPHP.. oh iya namaku yasti kak, ini asal make aja akun temen.. (gak penting ih) salam kenal ya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah niat banget nyari review hehehe..hehehe ini juga cuma ngedit2 tulisan temen sih hehehe...
      salam knl juga yaaa.. semangat :)

      Hapus
  63. Hello kak. Aku skrg kelas 12. Masih bingung mau jurusan apa. Curhat bentar ya hehe aku pengennya di undip. Gatau knp pengennya disitu aja. Orang tua ku orang sana juga. Tp bingung sama jurusan di undip. Pengen teknik sih tapiii...gitudeh. hahay. Pengen agribisnis tp biologinya dominan gitu? Soalnya kalo masalah afalan aku agak agak-_- kalo tekpang lebih kaya gimana? Trs aku pengen nanya bedanya agroteknologi sama agribisnis, tlg jelasin boleh kak? Di thp ketemu cacing cacingan gak kak?-_-aku tkt bgt sm cacing wkwk. Makasih sebelumnya:-]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo hehehe maaf ya baru sempat balas.. baru selesai uts heheh
      kalo tphp ugm sih lebih ke biologi ada, fisikanya ada, kimia juga ada.. hehehhe
      kalo bedanya agrotek sama agribisnis sih aku kurang paham dek.. kalo agrotek setauku ada unsur teknologinya atau berhubungan sama pasca panen. Kalo agribisnis aku agak ndak paham dek. Tapi ndak ada ttg cacing2 gtu sih..
      nanti kalo ada waktu bisa deh aku review ttg matakuliah di tphp ugm heheh
      yaps sama2. Semangat yaaa

      Hapus
  64. tulisannya jempol kak (jempol tangan loh ya, bukan jempol kaki) hehe.. Bikin ak lebih memahami apa arti TPHP *alay
    semoga taun dpn bisa masuk prodi ini :)

    BalasHapus
  65. Thanks for the nice info . . . I have a girl friend who have studied in TPHP UGM . . . She began to study at September 2003 . . . Her name is Caecilia Novi Arumsari . . . I love her very much . . . She have been working in PT Pacific Food Indonesia in Tangerang since 2009 until now . . .

    BalasHapus
  66. Ka, klo org yg masuk jurusan ini hrs kuat di kimia bio ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, maaf ya baru sempat buka blog nih hehehe
      ehm, ndak cuma itu sih.. hitungan juga diperlukan kok

      Hapus
  67. Sip kak reviewnya, saya jadi bisa meyakinkan ortu juga. Makin mantep TPHP UGM Amin~

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai.. maaf ya baru sempat balas..
      sip sip.. semoga bermanfaat buat kedepannya ya..
      sukses selalu :)

      Hapus
  68. Kak, mau tanya kemarin2 aku udah yakin mau ambil gizi tapi setelah dapet sosialisasi jadi agak goyah pengen tphp. Gimana ya? Bisa tolong dikasih penjelasn lebih tentang 2 prodi itu gak kak?

    BalasHapus
  69. Kak, mau tanya kemarin2 aku udah yakin mau ambil gizi tapi setelah dapet sosialisasi jadi agak goyah pengen tphp. Gimana ya? Bisa tolong dikasih penjelasn lebih tentang 2 prodi itu gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai.. maaf baru sempat balas yaaa..
      aku ndak bisa kasih tau detail tentang ilmu gizi sih tapi yang pasti di TPHP juga ada ilmu gizi dan itu dikaitkan ke pengolahan dan teknologi pangan namun kalau ilmu gizi tidak sampai ke sana. coba kamu tanya sama anak ilmu gizi dan nanti kamu bandingkan dengan TPHP sehingga kamu bisa ambil kesimpulannya sendiri.

      Hapus
  70. kak mau nanya, kalo di TPHP banyak hafalannya ga si ? pas di semester 1 2. dan persaingannya gimana ?

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo.. maaf baru sempat balas ya..
      ehm, hafalan.. ya hampir semua matakuliah di TPHP hafalan sih.. tapi bisa disiasati dengan logika kok.. selain hafalan juga ada hitungannya juga kok..
      persaingan maksudnya gimana dek?

      Hapus
  71. kak, di TPHP banyak cewek atau cowok ?
    Terus, boleh minta akun Fb / email nya kak ?
    mau tanya - tanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru sempat bales..
      banyak cewek kalau diangkatanku.
      bisa lihat di comment2 di atas untuk kontak..

      Hapus
  72. Kak prensentase antara hafalan sama hitungan berapa ya kak kira-kira?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo persentase pastinya aku kurang tau.. tapi yang pasti memang banyak hafalan..

      Hapus
  73. Kak prensentase antara hafalan sama hitungan berapa ya kak kira-kira?

    BalasHapus
  74. Pengen masuk prodi ini berkat ulasan kakak:) Kalo masalah biokimia semoga bisa teratasi dengan belajar:v Semakin pengen masuk di prodi ini karena banyak prakteknyaa... Tahun depan, semoga ini tetep jadi pilihan pertamaku :)
    Terimakasihh kak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya praktek itu ya cuma sebatas praktikum aja dek.. bahkan aku merasa prakteknya kurang, tapi di TPHP UGM ada namanya himpunan mahasiswa yang nanti bisa ngadain praktek2 buat produk dan kita bisa mengaplikasikan ilmu yang kita dapat di jam kuliah.

      Hapus
  75. terima kasih infonya kak,,
    saya dari jurusn teknologi hasil pertanian universitas jambi.
    skrg saya semester4, selama saya kuliah di jurusan THP saya sngat tertarik dengan biokimia,, mnurut kk bgaimana dg ketertarikan saya dengan biokimia ini,
    apa jurusan yang harus saya ambil di S2 nanti dan bagaimana prospek kerjanya,,
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kalau hal seperti itu aku kurang tau. Kamu bisa baca2 tentang ulasan S2 yang masih terkait dengan pangan dan cocokan dengan minat serta bakatmu.

      Hapus
  76. Kak, aku kan mau masuk thp ni di univ yg ada di Aceh. Nah sementara di sini kan nggak terlalu banyak pabrik. Trus kalo jadi pegawai, kan belum tentu nanti masih dibuka tes CPNS. Itu gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. masalah seperti ini aku ndak tau.
      ya kalau kamu minat di TPHP, untuk kerja kan ndak harus di Aceh, tapi kamu bisa merantau ke jakarta atau kota2 besar yang menyediakan lapangan pekerjaan bagi teknolog pangan.

      Hapus
  77. Kak, masuk jurusan ini. Kalo dipilihan sbmptn kita milih apa ya? Soalnya gaada tek. Pangan. Adanta tek pertanian, dll? Mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masalah jurusan itu tergantung universitasnya,,
      ada yang namanya jurusan Teknologi pangan dan hasil pertanian atau jurusan teknologi hasil pertanian..
      sebenarnya itu sama saja

      Hapus
  78. kak, teknologi pangan sama teknik pangan itu sama ga sih? hehe dan kimianya kaya pas SMA atau ngga? soalnya kimia aku jelek tapi mau masuk teknik pangan ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sama aja sih..
      kimianya beda kok. bukan kimia murni seperti di SMA. lebih ke penerapan aja..
      lagian kimianya juga hanya seputar karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

      Hapus
  79. Kak Inggrid, kk masuknya lewat jalur apa kak? Kalo SNMPTN, kk daftarnya nyantumin piagam ga? Trs piagam apa kak?
    Makasih, mohon balasannya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku lewat SBMPTN.
      kalau teknis pendaftaran aku kurang tau.. bisa ditanyakan ke yang lebih tau, seperti BP di sekolah kamu atau search web tentang pendaftaran SNMPTN.

      Hapus
    2. Makasih kak, baca artikel ini aku jadi tambah yakin buat masuk jurusan ini di UGM :)

      Hapus
  80. Ka' mau tanya dong. aku kan s1 nya psikologi tapi rencananya mau lanjut s2 teknologi pangan. kira-kira bisa ga ya? soalnya pas SMA aku juga dari jurusan IPA .akhir2 ini aku minat kuliah di jurusan yang berhubungan sama makanan atau hasil pangan gitu. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau S2 aku kurang tau, karena aku juga belum tau program di S2.

      Hapus
  81. Kira2 mata kuliah yg praktek ada brp matkul di tiap smt nya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau waktu tahunku sih tiap semester minimal 2 matakuliah yang praktikum.. ada semester yang 3 praktikum tapi praktikum yang 1 itu pilihan.
      kalau tahun sekarang isunya ada 4 praktikum disemester 3. ntah gimana tahun depan, karena bisa aja berubah

      Hapus
  82. Kak tes sbmptn nya susah ngga? Soal2 nya kaya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau susah atau ndak nya sih relatif. tapi emang lebih susah dari UN menurutku.
      kalau contoh soal bisa cek di internetnya..

      Hapus
  83. Halo kak, salam kenal

    Postingannya lengkap, membantu banget buat saya yang lagi dilema bakal kuliah dimana, hehehe

    Btw, saya masih kls 10, akan naik ke kelas 11. Tapi dari dulu udah niat masuk TPHP. Kan TPHP itu kebanyakan materi kimia, dan ternyata kimia saya di SMA agak kurang.ada saran nggak kak buat belajar kimianya? supaya nanti di kuliah ga jelek2 banget jadinya, hehe

    Terima kasih

    BalasHapus
  84. Halo kak, salam kenal

    Postingannya lengkap, membantu banget buat saya yang lagi dilema bakal kuliah dimana, hehehe

    Btw, saya masih kls 10, akan naik ke kelas 11. Tapi dari dulu udah niat masuk TPHP. Kan TPHP itu kebanyakan materi kimia, dan ternyata kimia saya di SMA agak kurang.ada saran nggak kak buat belajar kimianya? supaya nanti di kuliah ga jelek2 banget jadinya, hehe

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya matakuliah nya itu ndak kayak SMA gitu sih.. bukan yang murni.. kalau kimianya lebig banyak hafalan jadi ya kuat hafalannya aja. ada yang hitungan juga, ya itu perlu banyak latihan dan baca gitu sih..

      Hapus
  85. kak, fisikanya kaya gimana ? susah ga ? kata tetanggaku sih susah masuk ugm apalagi tphpnya

    BalasHapus
  86. kak, fisikanya kaya gimana ? susah ga ? kata tetanggaku sih susah masuk ugm apalagi tphpnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. fisikanya paling cuma perhitungan buat mesin atau perhitungan buat proses pengolahan. itupun cuma kayak dasar2 aja sih. ndak kayak fisika murni di SMA gitu..

      Hapus
  87. Haii kak,salam kenal.
    Terimakasih postingannya nge-bantu banget. Kira-kira kalau lulusan SMk bisa ngelanjutin ke TPHP ga ya?
    Oiya,sebenernya saya masih kelas 11 SMk jurusan Kimia industri

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai..
      bisa kok.. temen seangkatanku ada yang dari SMK kok

      Hapus
  88. Halo kak. Aku camaba tphp taun ini hehe. Aku mau nanya2, kalau di tphp ini apa ada ujian praktikum? Terus apa tugas laporannya buaanyak banget ya ka? Terus aku nih hafalannya gak jagoo, apa visa bertahan? Mohon jawabannya ya kak. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo.. maaf ya baru sempat buka blog lagi hehehe..
      ada ujian praktikum, namanya responsi.
      ya kalo dijamanku maksimal 3 laporan praktikm dalam 1 semester, ada juga tugas dari kuliah. ya menurutku sih emang lumayan banyak tapi bisa dicicil kok.
      sebagian besar sih emang hafalan, walaupun ada hitungan juga. aku juga bukan tipe penghafal kok. tapi bisa karena kuncinya kamu paham. dan perhatiin penjelasan di kelas jadinya lebih paham.

      Hapus
  89. Kak mau tanya kira-kira ITP UB sama TPHP UGM lebih bagus mana ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo membandingkan antara ITP UB dan TPHP UGM aku ndak bisa jelasin karena aku memang cuma kuliah di TPHP UGM. tapi secara garis besar pasti ada kelemahan dan kelebihannya masing-masing

      Hapus
  90. Haha sumpah tulisan blog kakak sangat sangat membuat pencerahan dalam hidup seorang anak kls 12 malam ini pukul 00.01 wkwk :vv makasih kak semoga aku konsisten dan tahun depan bisa nyusul ke sana

    BalasHapus
  91. Haha sumpah tulisan blog kakak sangat sangat membuat pencerahan dalam hidup seorang anak kls 12 malam ini pukul 00.01 wkwk :vv makasih kak semoga aku konsisten dan tahun depan bisa nyusul ke sana

    BalasHapus
  92. Kak mau nanya, kakak waktu SMA ngambil jurusan IPA ?

    BalasHapus
  93. Kak matkul fisika nya ada di semester berapa aja? Trs sama fisika di SMA jauh beda nggak?

    BalasHapus